WELCOME TO TONI'S BLOG

Senin, 01 Oktober 2012

Menentukan Jenis Jenis Keamanan Jaringan


Untuk melindungi jaringan komputer milik kita agar terlindungi dari segala macam bahaya yang mengancam. Terlebih jika jaringan yang kita kelola itu sangantlah penting, seperti jalur informasi di suatu pertusahaan tertentu. Sangatlah mungkin banyak orang yang merasa ingin menjaili jaringan milik kita. Untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan ada beberapa jenis sistem keamanan jaringan. Dan saya mencoba untuk memberikan masukan untuk menentukan sistem keamanan jaringan yang cocok untuk tipe sistem jaringan yang pembaca gunakan di rumah ataupun kantor. Ini adalah software dan cara untuk defending agar tidak diserang oleh cracker.


1. Firewall
Sangatlah penting untuk mengaktifkan firewall saat komputer dan jaringan terhubung ke internet. Firewall juga termasuk efektif untuk defending dari serangan cracker. Cara firewall melindungi jaringan kita adalah memisahkan public network dan private network. Firewall terbagi beberapa jenis yaitu :

- packet filtering : untuk memfilter paket data berdasarkan alamat dan opsi-opsi yang sudah ditentukan terhadap paket tsb
- circuit gateways : untuk beroperasi pada layer transport pada network
- application gateways :untuk beroperasi di level aplikasi dan mempelajari informasi pada level data aplikasi
- hybrid firewalls : untuk menggunakan elemen-elemen dari 1 tipe atau lebih.

2. Logs
Seorang system administrator diwajibkan melihat log system dari waktu ke waktu. Hal ini bertujuan untuuk melihat situasi yang terjadi dalam system log ini, cara ini adalah cara yang efektif agar jaringan kita terhindar dari serangan cracker.

3. IDS (Instruction Detection System)
IDS adalah cara umum yang dilakukan secara otomatisasi pada pengawasan penyusupan. IDS dapat mendeteksi serangan "pattern" dan serangan "signature" pada jaringan. Bahkan IDS dapat memblokade traffic yang mencurigakan.

4. Configuration
Seperti kita ketahui banyak cracker yang memanfaatkan kesalah konfigurasi, seperti contoh kasus penggantian web facement kebanyakan terjadi karena kesalahan konfigurasi. Jadi, dengan konfigurasi yang benar kemungkinan untuk terserang oleh cracker sangatlah rendah.

5. HoneyPot
"HoneyPot" adalah server "umpan" untuk mengalihkan perhatian attacker. Cara sistem ini bekerja adalah agar para attacker atau cracker menyangka bahwa ini adalah server yang sebenarnya, padahal server ini tidak bekerja dan hanya berpura-pura bekerja untuk mengalihkan dan menipu perhatian mereka. Cara ini juga efektif untuk mengumpuylkan bukti-bukti dan cara bagaimana attacker menyerang sehingga bukti tersebut bisa kita berikan ke pihak yang berwajib untuk diproses hukum.

Begitulah sedikit cara yang saya berikan kepada pembaca, sebenarnya masih ada cara lainnya. Namun ini menurut saya adalah cara yang paling simple untuk dilakukan. Semoga berguna untuk para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar